Program Studi Magister Pengelolaan Lingkungan memfokuskan kajian pada dua bidang penguatan spesifik. Kedua bidang tersebut adalah Manajemen Pengelolaan Lingkungan, dan Manajemen Pengendalian Pencemaran Lingkungan. Setelah menempuh studi selama empat semester dan memperoleh bobot studi minimal 36 SKS ini, para lulusan akan mendapatkan ilmu dengan keahlian pengelolaan lingkungan serta keahlian pengendalian pencemaran lingkungan. Mahasiswa juga akan mendapatkan keahlian dalam menyusun dokumen pelestarian lingkungan, dan keahlian dalam menyusun dokumen analisis mengenai dampak lingkungan secara konprehensif. Lulusan Program Studi Magister Pengelolaan Lingkungan ini selain memperoleh ijazah Magister Sains, mereka juga akan mendapatkan sertifikat AMDAL karena dalam perkuliahan sudah diprogramkan mata kuliah AMDAL dengan penambahan materi pelatihan di luar perkuliahan.

Dalam rangka mencapai kompentensi lulusan yang diinginkan, maka disusunlah Mata Kajian Program Studi Magister Pengelolaan Lingkungan Universitas Syiah Kuala dengan mengacu kepada:

  • Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2000, tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
  • SK Mendiknas No. 045/U/2002, tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi.
  • Permendikbud No. 49/2014 tentang Standar Pendidikan Tinggi.
  • Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2015 tentang standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Bagikan halaman ini