Isi Kuliah Umum di Unsyiah, Kiman Dorong Akademisi Perkuat Riset LCA

[Berita ILCAN, Aceh] Magister Pengelolaan Lingkungan (MPL) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (PPLH-SDA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan Kuliah Umum “Life Cycle Assessment (LCA)”. Bertempat di Aula PPLH-SDA (8 Oktober 2019), panitia acara mengundang Ketua Umum ILCAN, Dr. Kiman Siregar, sebagai pembicara utama.

“Perkembangan LCA dewasa ini menunjukkan peranan ilmu ini yang semakin signifikan dan diperlukan baik di luar maupun dalam negeri, “ terang Kiman saat memulai pengantar kuliahnya. “Oleh karenanya kita sebagai akademisi harus turut berperan aktif, terutama mengangkat riset LCA Indonesia di tingkat internasional,” imbuh Kiman yang juga merupakan dosen pengajar Fakultas Pertanian Unsyiah ini.

Sejumlah peserta, baik mahasiswa maupun dosen tampak menyimak dengan seksama penjelasan Kiman. Beberapa materi yang disampaikan diantaranya terkait pengertian LCA, sejarah lahirnya LCA di dunia dan di Indonesia, fungsi dan manfaat LCA, serta peran yang bisa dilakukan oleh para peserta guna mendorong riset LCA.

Saat sesi diskusi, para peserta mulai mengajukan beberapa pertanyaan yang langsung dijawab Kiman. Di akhir acara, para peserta melakukan sesi foto bersama yang ditandai dengan pose dan salam khas LCA.

Bagikan Berita ini

Berita Lainnya